Senin, 06 Februari 2012

Pulau Komodo Menjadi Ikon Baru Pariwisata Indonesia

Pulau Komodo adalah salah satu tujuh keajaiban dunia versi Yayasan New7wonder.

Terpilihnya Taman Nasional Komodo (TNK) menjadikan Pulau Komodo sebagai ikon baru pariwisata Indonesia. Ini diyakini dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Karena selama ini masyarakat dunia hanya mengenal pulau bali, tapi kini kita punya ikon baru tujuan wisata dunia,” ungkap Duta untuk Komodo Jusuf Kalla dalam jumpa pers menanggapi terpilihnya Pulau Komodo sebagai salah tujuh keajaiban dunia versi Yayasan New7wonder di Jakarta.

Terpilihnya Pulau Komodo (TNK) sebagai satu dari tujuh keajaiban alam dunia akan menjadi kebanggaan baru serta mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia.

Pulau Komodo akan menjadi destinasi ekonomi baru. Apabila terjadi maka akan terjadi kemajuan perekonomian di NTT.
Selain Pulau Komodo, Yayasan New7wonder juga memilih Sungai Amazon di Amerika Selatan,Teluk Halong di Vietnam, Iguazu Falls di Argentina dan Brasil, Pulau Jeju di Korea Selatan, Puerto Princesa Underground River di Filipina,dan Table Mountain di Afrika Selatan sebagai New 7 Wonder of Nature (N7W). Selama dua tahun semua orang di dunia diperbolehkan untuk memilih melalui SMS.
Hasil dari voting SMS tersebut selanjutnya akan diperiksa, divalidasi, dan diverifikasi secara independen.Konfirmasi pemenang akan diumumkan pada awal 2012.Terdapat kemungkinan bahwa akan ada perubahan antara pemenang sementara dan pemenang yang akan dikonfirmasi pada akhir.Kepala komunikasi dari N7W Eamonn Fitzgerald mengungkapkan bahwa ide untuk berkampanye ini adalah otak bocah petualang, pembuat film dan pendiri N7W Bernard Weber, yang melihat potensi internet pada 1999.
“Ada beberapa tempat di dunia yang orang tidak bisa memilih. Kami ingin berpikir bahwa kita dapat membuat kontribusi dengan melibatkan orang untuk berpartisipasi dalam demokrasi. Proyek seperti N7W inilah yang dapat melakukan dan membantu untuk meningkatkan melek digital,”ujar Fitzgerald seperti dikutip MSNBC. Jusuf Kalla menampik tudingan bahwa terpilihnya Pulau Komodo justru akan menghancurkan habitat komodo di tempat aslinya.
Justru dengan keterpilihannya itu, Pulau Komodo akan dijaga oleh seluruh dunia. “Sebaliknya, banyak konservasi hilang karena tidak didatangi”. kemenangan Pulau Komodo adalah kemenangan bangsa Indonesia dan tidak terlepas dari besarnya dukungan yang diberikan masyarakat. Dia memperkirakan dari sekitar 200 juta SMS vote Komodo yang masuk, tidak kurang dari sekitar 40 juta masyarakat Indonesia mendukung pulau komodo jika dihitung rata-rata tiap orang mengirim lima SMS.
“Pulau Komodo (TNK) menang, maka kita semua yang akan merasa senang karena Komodo sendiri tidak tahu bahwa dirinya menang,” tuturnya. Jusuf Kalla mengaku heran jika ada pihak yang merasa dirugikan dengan keikutsertaan pulau komodo di ajang New7wonder. Bahkan, tidak sedikit yang melecehkan event global ini.
Ketua Tim Pendukung Pemenangan Komodo (P2K) Emmy Hafild mengatakan, daftar pemenang New7wonders masih bersifat sementara. Pemenang resmi akan diumumkan pada awal Januari 2012 mendatang ketika upacara penutupan karena jumlah suara kini sedang diperiksa dan diverifikasi secara independen.
“Ini masih bersifat sementara, pengukuhan pemenang berlangsung pada Januari mendatang.Kita tidak boleh memublikasikan berapa jumlah suara tiap pemenang, sebab aturannya mengatakan semua peserta yang masuk tujuh keajaiban dunia peringkatnya sama,”kata Emmy. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyambut positif masuknya pulau komodo dalam New 7 Wonders of Nature.
Bersama dengan pemerintah daerah setempat, Kemenparekraf akan meningkatkan pengelolaan destinasi wisata itu. Ajang yang mengandalkan partisipasi masyarakat sebagai penentu terpilih dan tidaknya destinasi wisata yang berkompetisi ini juga dipandang sebagai bukti tingginya kebanggaan masyarakat terhadap ikon negara.

0 komentar:

Poskan Komentar