Minggu, 11 Desember 2011

Kopi Dan Manfaat Bagi Wanita Yang Mengkonsumsinya

Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh orang di dunia saat ini. Secangkir kopi, biasanya selalu menjadi minuman utama dalam keadaan santai ataupun di kala sedang menangani pekerjaan sehari-hari, dan juga menjadi menu utama dalam rapat-rapat atau pertemuan bisnis.
Sejumlah besar wanita, baik yang berprofesi sebagai pengusaha, artis, pedagang, dikarenakan kebutuhan pekerjaan dan pergaulan sosial, juga mulai gemar dengan minuman itu. Namun, kalangan kedokteran memperingatkan bahwa tidak baik minum kopi berlebihan bagi wanita.
Kopi yang dikomsumsi dipagi hari ternyata tidak sebatas membuat orang yang mengkonsumsinya terjaga saja. Kopi menyimpan kebaikan lain bagi kesehatan.

Hasil penelitian menunjukkan, 4 gelas kopi per hari bagi wanita berarti mengurangi risiko depresi seperlima kali.

Sementara konsumsi kopi 1-2 cangkir per hari mengurangi risiko hingga 15 persen.
Riset yang dilakukan di Universitas Harvard ini melibatkan sekitar 51 ribu wanita selama 10 tahun.
Diperkirakan, kandungan kafein bekerja seperti obat antidepresan, yang bekerja dengan menghambat produksi hormon tertentu, seperti serotonin.
Kafein juga punya kekuatan untuk mendorong semangat baik dan memberi kita energi untuk waktu yang cukup lama.
Periset juga mencatat jumlah konsumsi teh, cokelat, alkohol, serta waktu olahraga para responden. Ditemukan, kopi memiliki pengaruh mengurangi depresi yang cukup kuat, tetapi variasi kopi tanpa kafein tidak bekerja seperti itu.
Tidak dijelaskan secara detail jenis kopi seperti apa yang memiliki fungsi ini.
“Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menegaskan penemuan ini dan untuk memastikan apakah kopi berkafein yang dijual bebas memang bisa membantu mencegah depresi,” tegas dr Michel Lucas dari Harvard School of Public Health di Boston.
Tahun lalu, studi yang dilangsungkan di Finlandia mengungkap, pria yang mengkonsumsi setidaknya 4 cangkir per hari berisiko rendah mengalami depresi.
Sementara 1 dari 7 wanita, dikabarkan akan mengalami depresi di suatu titik dalam hidupnya.
Sudah diketahui, minuman tersebut menjaga tubuh jauh dari penyakit, termasuk kanker prostat, asam urat, dan Alzheimer, termasuk membantu kesehatan otak.

Namun, tak seluruhnya baik, karena kopi diketahui juga bisa berdampak buruk bagi wanita jika dikonsumsi terlalu banyak. Kopi diketahui tak baik bagi penderita darah tinggi, penderita masalah jantung, dan ibu hamil.

0 komentar:

Poskan Komentar