Senin, 12 Desember 2011

Tips-tips Makan yang baik

makanan makanMakanan diibaratkan sebagai mesin yang dapat menjalankan segala aktifitas yang kita kerjakan setiap harinya. Bayangkan, jika kita tidak makan sehari saja, badan sudah terasa lelah, letih, dan tidak bersemangat untuk melakukan aktifitas seperti biasanya. Sistem yang terdapat pada tubuh kita, seperti sistem persarafan dan pencernaan di perut sudah mempunyai mekanisme yang canggih, untuk mengolah semua makanan yang telah kita makan, pencernaan  harus dijaga kesehatannya agar bekerja dengan efisien.
Yang harus kita perhatikan sebelum makan, biasanya:
  1. Pada saat terlalu lapar, Pasti anda makan dengan porsi yang banyak sekali, apalagi setelah melakukan aktifitas yang berat. Sebaiknya anda jangan makan  dengan porsi yang besar, karena dapat mengakibatkan lambung kita akan meregang secara berlebihan, yang mengakibatkan sistem pernafasan kita menjadi stres.
  2. Jika, anda seorang perokok,merokok dapat mengakibatkan asam lambung dan menurunkan produksi ludah, bisa mengakibatkan makanan yang kita makan tidak dicerna dengan baik oleh lambung, dan mengakibatkan lambung mudah teriritasi.
  3. Bila kita sedang stres, sebaiknya kita dapat mengendalikannya, karena tubuh akan rentan akan irritable bowel syndrome.
  4. Jaga tubuh kita dari kegemukan. Tubuh yang langsing akan membantu mengurangi tegangan di sekitar perut.
  5. Sebaiknya duduk tegak setelah makan, tunggu selama 3 jam baru tidur , tujuannya supaya makanan dari lambung selesai diolah dan masuk ke usus halus.
  6. Sebaiknya anda menghindari terlalu sering memakai ikat pinggang dan celana ketat, Pemakaian seperti itu dapat memberikan tekanan pada perut.
  7. Jangan terlalu sering memakan makanan yang pedas, karena dapat menyebabkan rasa panas di perut.
makanan makan

Inilah makanan yang sangat disukai oleh perut kita

Yang pertama makanan yang kaya serat seperti, buah dan sayur, roti gandum, sereal dan polong – polongan. Serat dapat membuang lemak yang terdapat pada tubuh dan membuangnya keluar dari saluran pencernaan.
Prebiotik, banyak terdapat di yoghurt dan susu. Makanan ini dapat memberikan makanan bagi bakteri – bakteri baik yang sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan pencernaan.
Makanan organic, makanan yang satu ini tidak mengandung zat kimia sama sekali, sangat baik bagi kesehatan kita.
Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.

0 komentar:

Poskan Komentar